Artikel Penghijauan-UNIVERSITAS SURABAYA KAMPUS HIJAU

UNIVERSITAS SURABAYA KAMPUS HIJAU

Seringkali kita mendengar tentang gerakan penghijauan untuk menyelamatkan lingkungan serta bumi kita. Dari dahulu, gerakan ini sudah digalakkan. Sekarang, apa sih penghijauan?? PENGHIJAUAN adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Banyak fakta yang menunjukkan bahwa tidak jarang pembangunan dibangun di lahan pertanian maupun ruang terbuka hijau. Padahal tumbuhan dalam ekosistem berperan sebagai produsen pertama yang mengubah energi surya menjadi energi potensial untuk makhluk lainnya dan mengubah CO2 menjadi O2 dalam proses fotosintesis. Sehingga dengan meningkatkan penghijauan di perkotaan berarti dapat mengurangi CO2 atau polutan lainnya yang berperan terjadinya efek rumah kaca atau gangguan iklim.

Di samping vegetasi berperan dalam kehidupan dan kesehatan lingkungan secara fisik, juga berperan estetika serta kesehatan jiwa. Mengingat pentingnya peranan vegetasi ini terutama di perkotaan untuk menangani krisis lingkungan maka diperlukan perencanaan dan penanaman vegetasi untuk penghijauan secara konseptual. Dari berbagai pengamatan dan penelitian ada kecenderungan bahwa pelaksanaan penghijauan belum konseptual, malah terkesan asal jadi.

Memilih jenis tanaman dengan alasan mudah diperoleh, murah harganya dan cepat tumbuh. Begitu pentingnya peranan tumbuhan di bumi ini dalam menangani krisis lingkungan terutama di perkotaan, sangat tepat jika keberadaan tumbuhan mendapat perhatian serius dalam pelaksanaan penghijauan perkotaan sebagai unsur hutan kota.

Penghijauan berperan dan berfungsi:

(1) Sebagai paru-paru kota. Tanaman sebagai elemen hijau, pada pertumbuhannya menghasilkan zat asam (O2) yang sangat diperlukan bagi makhluk hidup untuk pernapasan;

(2) Sebagai pengatur lingkungan (mikro), vegetasi akan menimbulkan hawa lingkungan setempat menjadi sejuk, nyaman dan segar;

(3) Pencipta lingkungan hidup (ekologis);

(4) Penyeimbangan alam (adaphis) merupakan pembentukan tempat-tempat hidup alam bagi satwa yang hidup di sekitarnya;

(5) Perlindungan (protektif), terhadap kondisi fisik alami sekitarnya (angin kencang, terik matahari, gas atau debu-debu);

(6) Keindahan (estetika);

(7) Kesehatan (hygiene);

(8) Rekreasi dan pendidikan (edukatif);

(9) Sosial politik ekonomi.

Begitu banyak manfaat dari penanaman tanaman hijau di lingkungan kita. Kita dapat memulainya untuk kampus kita ubaya. Sehingga dapat menjadikan ubaya sebagai kampus hijau yang memberikan manfaat besar bagi kita semua.

Disadur dari : http://greenlumut.wordpress.com/tag/penghijauan/

“UNIVERSITAS SURABAYA KAMPUS HIJAU”

UNIVERSITAS SURABAYA KAMPUS HIJAU

“UNIVERSITAS SURABAYA KAMPUS HIJAU”

UNIVERSITAS SURABAYA KAMPUS HIJAU

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: